BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 05 Juni 2009

Form and Step of Lesson Study

Tahap-tahap pembuatan Lesson Study
Secara keseluruhan ‘lesson study” mencakup 3 (tiga) tahap yaitu perencanaan (planing), implementasa (action) pembelajaran dan observasi serta refleksi (reflection);

1. Tahap Perencanaan
Pada tahap ini dilakukan identifikasi masalah yang ada pada kelas yang akan digunakan untuk kegiataan lesson study dan alternatif pemecahannya. Identifikasi masalah dan pemecahan tersebut berkaitan dengan pokok bahasan (materi pelajaran) yang relevan dengan kelas dan materi pelajaran, karakteristik siswa dan suasana kelas, metode atau pendekatan pembelajaran, media, alat peraga dan evaluasi proses serta hasil belajar.
Selanjutnya dilakukan diskusi tentang pemilihan materi pelajaran, pemilihan metode dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa serta jenis evaluasi yang akan digunakan. Pada saat tersebut akan muncul pendapat dan sumbang saran dari para guru dan pakar. Pada tahap ini pakar dan guru senior dapat mengemukakan hal-hal baru yang perlu diketahui dan diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran nanti.
Hal yang penting pula untuk didiskusikan adalah penyusunan lembar observasi, terutama penentuan-penentuan indikator-indikator selama proses pembelajaran berlangsung, baik yang dilihat dari guru dan siswanya. Indikator-indikator tersebut disusun berdasarkan pada rencana pembelajaran yang dibuat serta kompetensi dasar yang ditetapkan yang akan dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.
Dari hasil identifikasi masalah dan pemecahan tersebut, selanjutnya disusun dan dikemas dalam suatu perangkat pembelajaran yang terdiri atas:
a. Satuan Pelajaran (SP)
b.Petunjuk mengajar guru(teaching guide)
c. Lembar kerja sisiwa (LKS)
d. Media atau alat peraga pembelajaran
e. Lembar penilaian proses dan hasil pembelajaran
f. Lembar observasi. (Sukirman, 2005)
Penyusunan rencana pembelajaran ini dapat disusun oleh seorang guru atau beberapa orang guru yang sebelumnya telah ada kesepakatan tentang aspek-aspek pembelajaran yang telah direncanakan. Hasil penyusunan rencana tersebut perlu didiskusikan dengan guru lain dan pakar dalam kelompoknya untuk disempurnakan.

2. Tahap Implementasi dan Observasi.
Pada tahap ini seorang guru melakukan implementasi rencana pembelajaran yang telah disusun, pakar dan guru lain melakukan observasi dengan menggunakan lembar observasi yang telah dipersiapkan. Selain itu dilakukan rekaman video (audio visual) yang meng-close up kejadian-kejadian khusus selama pelaksanaan pembelajaran.

3. Tahap Refleksi
Pada tahap ini guru melakukan implementasi rencana pembelajaran diberi kesempatan untuk menyatakan kesan-kesannya selama melaksanakan pembelajaran, baik terhadap dirinya maupun siswa yang dihadapi. Selanjutnya observer (guru lain dan pakar) menyampaikan hasil analisa data observasinya, terutama menyangkut kegiatan siswa selama berlangsung pembelajaran yang disertai dengan pemutaran video hasil rekaman pembelajaran. Akhirnya, guru yang melakukan implementasi tersebut akan memberikan tanggapan balik atas komentar para observer. Hal yang penting pula dalam tahap refleksi ini, adalah mempertimbangkan kembali rencana pembelajaran tersebut, apakah telah sesuai dan dapat meningkatkan performance keaktifan belajar siswa? Jika belum ada kesesuaian, hal-hal apa saja yang belum sesuai, metode pembelajarannya, materi dalam LKS, media atau alat peraga, atau lainnya? Pertimbangan –pertimbangan ini selanjutnya digunakan untuk perbaikan rencana pembelajaran selanjutnya.
Bentuk Lesson Study








Tanggal :

Kelas :

Subyek : (Jumlah siswa/i yang akan diajar)

Durasi : (Waktu yang akan digunakan dari awal hingga akhir)

Deskripsi : (Mata pelajaran dan materi yang akan disampaikan)

Tujuan : (Tingkat kemajuan yang diharapkan dari murid):

1. Murid mampu melakukan…

2. Murid mengerti…

3. Murid membentuk pengetahuannya tentang…


Obyektif: (tingkat kemahiran yang dicapai oleh murid pada akhir pertemuan).
Di akhir pertemuan, diharapkan murid mampu…

Materi : (Peralatan atau sarana pendukung apa saja yang akan adigunakan dalam proses pengajaran).

(misalnya)

1. Computer dan LSD

2. Mike wireless

Prosedur : (tahap demi tahap yang akan dilakukan, berdasarkan waktu)

08.00-08.15: Pengenalan materi

08.16-08.45: Penyampaian isi materi

seterusnya hingga akhir.

Assements : (Evaluasi, sejauh mana setiap siswa/i dapat memahami materi).

Dapat dilihat melalui quis atau tugas.

0 komentar: