BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 05 Juni 2009

Perkenalan Lesson Study





Pendahuluan

Perencanaan dalam proses belajar dibuat bertujuan untuk menjadikan waktu dalam belajar menjadi efektif dan efisien. Artinya dapat terhindar dari hal-hal yang tidak perlu di kelas. Seorang pengajar yang telah mebuat rencana pengajaran akan cenderung lebih percaya diri saat mengajar karena telah mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Sebuah perencanaan dapat dilakukan untuk satu semester, per-bulan, atau per-minggu. Banyak orang yang menghubungkan prestasi mereka dengan perencanaan yang efektif. Namun, sebuah rencana dapat berjalan baik jika adanya komitmen.

Berdasarkan peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab IV pasal 19 ayat 1 dinyatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi siswa. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar, seorang guru dituntut untuk dapat memiliki sebuah pendekatan, metode, dan teknik-teknik tertentu yang dapat menciptakan kondisi kelas pada pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Sehingga dapat diperoleh kondisi kelas yang termotivasi , aktivitas yang tinggi serta hasil belajar yang memuaskan. Lesson Study dapat dijadikan sebagai cara untuk meStandar Nasional Pendidikan diatas.

Perencanaan instruksional

Definisi dari perencanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan proses belajar-mengajar. Seorang pengajar perlu menentukan seperti apa dan bagaimana pengajar mengajarkan topic di kelas. Namun hal yang terpenting bukanlah membuat rencana tersebut, namun melaksanakannya. Walaupun membuat perencanaan membutuhkan waktu, namun dapat membantu pengajar memasukan topik-topik penting dan memaksimalkan waktu di kelas. Lesson plan fokus pada “task” dan "time”.Maksud dari task adalah apa yang harus dilakukan, menentukan tujuan topik pembelajaran, merencanakan aktifitas (ada diskusi), dan menentukan prioritas. Sedangkan Time sangat penting dalam perencanaan karena dapat mengistemasi waktu. Jadi dari perencanaan yang disetting diharapkan dapat menghasilkan hasil yang terbaik. Namun dalam prakteknya pengajar harus tetap fleksibel.

0 komentar: